Shalawat Dengan Sayyidina Atau Tidak

By | March 20, 2022

Shalawat Dengan Sayyidina Atau Tidak. Sama sekali tidak membatalkan shalat dan shalawat, juga tidak ada larangan tentang hal itu. Sudah tidak asing bagi seorang muslim mendengar ataupun mengucapkan sayyidina yang berarti, tuan, yang mulia.

Pesan Dari Ustaz Ebit Lew, Jika Dalam Kesempitan Atau
Pesan Dari Ustaz Ebit Lew, Jika Dalam Kesempitan Atau from majalahilmu.com

Demikian juga dengan shalawat kepada keluarga beliau. Secara bahasa, sholawat merupakan bentuk jamak dari sholla yang artinya doa.secara istilah, sholawat merupakan doa dan pujian untuk nabi. Firman allah swt di surat ali imran:

Hal Ini Termasuk Amalan Yang Mulia Karena Merupakan Salah.

Kata ”sayyidina” sebelum nama nabi muhammad saw. Dalam segala hal, baik shalawat atau tidak, adalah dilarang dan termasuk dalam perbuatan bid`ah, sebab nabi muhammad saw. Firman allah swt di surat ali imran:

Namun, Memakai Kata “Sayyidina” Atau Tidak Maka Keduanya Benar Dan Diperbolehkan.

Fatwa itu, ditambahkan ibnu hajar, sangat penting agar ungkapan shalawat yang disampaikan tidak tercampuri dengan unsur bid'ah. Penambahan kata sayyid pada shalat adalah bagian dari etika dan penghormatan yang tinggi kepada rasulullah saw. Semuanya memakai menyebut sayyidina muhammad, baik pada shalawat, atau syahadat, atau lainnya, dan terlalu banyak bagi saya utuk menyebutkan satu persatu.

Pertama, Sholawat Dari Allah.kedua, Sholawat Dari Malaikat.ketiga, Sholawat Dari Manusia Atau Umatnya.

Boleh menyebutkan muhammad shollallahu alaihi wasallam atau sayyidina muhammad shollallahu alaihi wasallam. Sudah tidak asing bagi seorang muslim mendengar ataupun mengucapkan sayyidina yang berarti, tuan, yang mulia. Ada beberapa ulama yang berselisih mengenai penyebutan “sayyidina” di dalam lafal sholawat ibrahimiyah ini, terutama pada bacaan sholat.

Masih Banyak Riwayat Yang Menerangkan Shalawat Tidak Pakai Kata Sayyidina, Misalnya :

Shalawat kamaliyah ini digunakan sebagai wirid di kalangan tarekat karena pahalanya tidak terhingga. Jadi anda tidak pakai sayyidina itu yang betul. قُولُوا اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ.

Demikian Juga Dengan Shalawat Kepada Keluarga Beliau.

Namun, dalam adzan dan iqomat tidak dikatakan: Adapun hadits لا تسيدونى فى الصلاة (janganlah kamu semua menyebutkan sayyid dalam membaca shalawat), maka hadits ini batil, tidak ada asalnya, bahkan maudhu' (palsu). Setelah kita memahami bahwa bacaan shalawat dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memuat tambahan “sayyidina” maka bacaan salawat ketika shalat tidak boleh ditambahi “sayyidina”.semua bacaan dalam shalat harus tepat sesuai dengan bacaan yang disebutkan dalam dalil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.