Salawat Dulang

By | November 27, 2021

Salawat Dulang. You were searching for tradisi lisan salawat dulang sumatera barat. Salawat dulang atau salawat talam adalah salah satu sastra lisan minangkabau yang bertema islam berupa pertunjukkan dua orang membacakan hafalan teks diiringi tabuhan dulang, nampan kuningan berdiameter 65 cm.

salawat dulang Sinar Barapi YouTube
salawat dulang Sinar Barapi YouTube from www.youtube.com

Salawat dulang, performing art and developmen abstrak tujuan penelitian adalah untuk membahas perkembangan dan perubahan pertunjukan salawat dulang yang pada awalnya berfungsi sebagai sarana dakwah. Tradisi salawat dulang yang sudah turun menurun tersebut merupakan salah satu tradisi kebudayaan masyarakat minangkabau yang masih dipertahankan. Seperti pada kutipan salawat dulang berikut:

Syair Tersebut Memiliki Ciri Sbb:

1 salawat dulang ampalu bab i pendahuluan 1.1 latar belakang irama salawat mengalun syahdu, mengalir perlahan laksana air yang senantiasa memberi kesejukan untuk setiap raga dan j Salawat dulang merupakan kesenian tradisonal minang kabau, yang menggunakan dulang sebagai alat untuk mengiringi permainan. The poem delivered at salawat dulang contains islamic teachings including remembrance of allah swt and praise to the prophet muhammad saw.

Based On The Current Situation There Are Developments And Changes In Salawat Dulang, Which Is Resulted In Changes Of.

Tak sedikit praktisi sufi yang bersilang pendapat tentang keabsahan dan kebolehan penggunaannya. Selain itu, salawat dulang juga diadakan untuk melepas nazar atau selamatan saat menyambut anak dari rantau. Tradisi salawat dulang yang sudah turun menurun tersebut merupakan salah satu tradisi kebudayaan masyarakat minangkabau yang masih dipertahankan.

Semoga Kesenian Tradisional Daerah Minangkabau Tidak Tergerus Oleh Kemajuan Zaman.***.

Karena salawat dulang merupakan sastra lisan, maka teks yang didendangkan tersebut bentuknya berupa syair yang telah dihafalkan. Salawat dulang dimulai dengan membacakan salawat diiringi musik yang berasal dari talam, namun salawat hanya didendangkan pada pembukaannya saja. Dipertunjukkan oleh minimal dua klub diiringi tabuhan pada ‘dulang’, yaitu nampan kuningan yang bergaris tengah.

Biasanya Di Tampilkan Di Acara2.

Sesuai dengan namanya, salawat dulang berasal dari dua kata yaitu salawat yang berarti salawat atau doa untuk nabi muhammad saw, dan dulang atau talam, yaitu piring besar dari loyang atau logam yang biasa digunakan untuk makan bersama. Dari wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas. Biasanya, sebuah keluarga akan memanggil tukang salawat untuk memimpin acara tersebut.

Salawat Dulang Atau Salawaik Dulang Adalah Sastra Lisan Minangkabau Bertemakan Islam.

Salawat dulang atau salawaik dulang adolah salah ciek sastra lisan minangkabau nan batema islam barupo patunjukkan duo urang nan mambacoan hafalan teks sarato diiriangi dek tabuahan dulang nan tabuek dari kuningan badiameter 65 cm. Salawat dulang di minangkabau berasal dari dua kata yaitu salawat yang berarti salawat atau doa untuk nabi muhammad saw, dan dulang atau talam, yaitu piring besar dari loyang atau logam yang biasa digunakan untuk makan bersama. You were searching for tradisi lisan salawat dulang sumatera barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.